Home / Pojok Puskesmas / Edi Kamtono Tingkatkan Puskesmas Siantan Hilir Jadi Rumah Sakit Tipe D

Edi Kamtono Tingkatkan Puskesmas Siantan Hilir Jadi Rumah Sakit Tipe D

tribunnews

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pemerintah Kota Pontianak terus meningkatkan dan mendepakatkan pelayanan wajib pada masyarakatnya, kali ini Pemkot akan menjadikan Puskesmas 24 jam Siantan Hilir menjadi rumah sakit tipe D.

Hal itu diungkapkan langsung Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat diwawancarai diruang kerjanya.

Ia menyatakan 2019 program peningkatan layanan puskesmas menjadi rumah sakit akan direalisasikan.


Pelayanan kesehatan disebutnya memang menjadi satu diantara prioritas program kerjanya. Masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan sebaik mungkin, jangan sampai adalagi warganya yang sulit mengakses kesehatan.

Peningkatan dari puskesmas menjadi rumah sakit tipe D, tak terlepas dari kebutuhan masyarakat setempat akan layanan kesehatan.

‘Puskesmas Siantan Hilir yang saat ini merupakan puskesmas rawat inap 24 jam ada 40 tempat tidur, 2019 akan kita tingkatkan menjadi rumah sakit tipe D,” ucap Edi Kamtono saat diwawancarai diruang kerjanya, Senin (10/12/2018).

Saat ini pihaknya tengah mendesain segala kebutuhan, baik infrastruktur berkaitan pembangunan maupun fasilitas pelayanan yang sesuai standar rumah sakit tipe D.

“Kita juga akan menyiapkan dokter spesialis dan tenaga medis lainnya,” ucap Edi Kamtono.

Pelayanan medis yang dipersiapkan untuk RS Siantan adalah pelayanan melahirkan dan spesialis tulang, mengingat tingginya angka kecelakaan yang sering ditangani oleh puskesmas 24 jam saat ini.

“Kita akan siapkan Rumah Sakit Siantan untuk kebidanan, ibu hamil sampai operasi melahirkan. Kemudian untuk bedah tulang, kenapa kita tempatkan spesialis bedah tulang, karena disana sering terjadi kecelakaan lalulintas, kita ingin hal-hal itu dapat segera ditangani di Utara dan tidak harus dibawa ke rumah sakit yang ada di seberangnya,” tambah Edi.

Kemudian yang akan disiapkan untuk rumah sakit tipe D tersebut adalah dokter penyakit dalam.

Selain melayani masyarakat Kota Pontianak, Edi yakin masyarakat kabupaten tetangga yang berada lebih dekat dengan layanan kesehatan di kota akan mengakses layanan di Kota Pontianak.

Selain itu, untuk perluasan ia sidah meminta pada dinas terkait untuk memperhatikan lahan di belakangnya, karena ada sekolah yang dapat ditata juga untuk dimanfaatkan lahannya dalam pembangunan rumah sakit itu.

“Dibelakang rumah sakit itu, masih ada lahan sekolah dan kita akan desian ulang kawasan tersebut, agar dapat dimanfaatkan untuk aktivitas rumah sakit,”pungkasnya.


About admin

Check Also

Puskesmas Gang Sehat Miliki Alat VITHA

PONTIANAK-Puskesmas Gang Sehat Kecamatan Pontianak Selatan miliki satu alat inovasi. Alat tersebut dinamakan Virtual Hologram …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *